Selasa, Desember 18, 2018

4 kunci Membangun Karakter Milenial

Penduduk Indonesia kini didominasi oleh generasi milenial. Sejalan dengan itu, akhir-akhir ini generasi milenial banyak diperbincangkan. Mereka memiliki gaya hidup dan kebiasaan yang tentu berbeda dengan generasi sebelumnya. Mereka unik dan penuh warna.


Generasi Y atau biasa disebut generasi Milenial adalah generasi yang lahir di antara tahun 1980an hingga 2000an. Dengan kata lain, saat ini usia mereka berada di pertengahan 20 tahun dan 30 tahun. Menurut Baappenas pada 2018, jumlah generasi milenial di Indonesia mencapai 90 juta orang.

Generasi milenial akan memegang kendali peradaban dunia menggantikan generasi baby boomers selanjutnya. Oleh karena itu, pembentukan karakter diperlukan untuk menguatkan generasi ini dalam menghadapi era yang merambah industri 4.0.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, "untuk mempersiapkan generasi milenial menghadapi tantangan ke depan, yang terpenting adalah menata karakter. Selain itu, diperlukan juga memberi kemampuan adaptasi serta memiliki pondasi yang kuat sehingga setiap mengalami perubahan tidak akan kehilangan arah."

Well, Berikut 4 kunci membangun karakter milenial. 

1. Tentukan Tujuan
Source: Amariferha's Blog
Agar hidup bahagia, Kita perlu menentukan tujuan dan arah kehidupan. Hal ini lah yang membedakan kita dengan mahkluk lain. Jika kita tidak merancang tujuan, maka kita akan hidup seperti kapal tanpa nahkoda.

Kapal tanpa ada nahkoda akan berakhir dengan kapal yang terdampar di sebuah tempat terasing atau kemungkinan terburuknya adalah kapal akan tenggelam ke dasar laut.

Maka tentukanlah tujuan (goals) kehidupan. Ada banyak prinsip dalam menentukan tujuan. Mulailah dari hal yang sederhana. Kamu bisa merancangnya dengan hal yang spesifik dan yakin bahwa kamu bisa melaksanakannya.

2. Maksimalkan Teknologi

Source: Medhyhidayat.com
Generasi milenial adalah mereka yang lahir saat teknologi sudah menjamur dan mengalami kemajuan. Hampir tidak mungkin bagi kita untuk gagap atau anti terhadap teknologi.

Sebagai generasi milenial, kamu harus mampu menggunakan teknologi dengan bijak. Kamu harus mengembangkan sikap kreatif dan inovatif yang dapat ditunjang berkat teknologi termutakhir saat ini.

Pelajarilah banyak hal baru karena teknologi berkembang setiap detiknya.

3. Hemat
Source: membuat.info
Dunia hari ini tidak terlepas dari kebiasaan hidup boros dan konsumtif. Hal tersebut dilakukan demi eksistensi diri. Banyak orang berlomba-lomba terlihat bahagia, padahal apa yang mereka sangka bahagia tidaklah membahagiakan.

Mulai saat ini, cobalah untuk mengubah mindset kita ke arah yang lebih produktif. Belajarlah untuk mengatur keuangan. Menabung adalah hal yang lebih baik untuk dilakukan.

Jangan pernah menyia-nyiakan masa muda apalagi hanya untuk mengejar hal yang sebetulnya tidak kita butuhkan. Pertimbangkanlah banyak hal ketika ingin membeli barang. Pelajari juga prinsip dasar keuangan agar kamu paham kebutuhan mana yang layak untuk diperjuangkan.

Dengan mengatur keuangan, kamu dapat mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

4. Hidup bersosial
Source: Inspiratifnews.com
Menurut Paul Ernest, Hidup bersosial adalah sebuah kehidupan dimana ada interaksi antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Pengertian sosial sendiri adalah sejumlah manusia secara individu yang terlibat dalam berbagai kegiatan bersama.

Pada dasarnya manusia tidak bisa hidup Sendiri. Kita hidup dengan berinteraksi.
We cannot not communicate.

Hidup di era digital adalah hidup dalam dunia maya. Kita dipermudah untuk melakukan komunikasi lewat jejaring sosial. Kapan pun dan dimana pun kita bisa berinteraksi dengan mudah bahkan hanya dengan handphone yang tersambung koneksi internet. Namun hal tersebut jangan sampai membuat kita acuh terhadap kehidupan nyata.

Kita perlu menyapa dan memberikan senyuman kepada orang lain. Hindari menjadi orang yang sibuk dengan gadget saat berada dalam kelompok atau suatu perkumpulan. Perlu diingat juga bahwa kamu harus punya batasan dalam hidup bersosial. Peganglah prinsipmu kemanapun kamu pergi.

Generasi milenial akan memegang kendali peradaban dunia. Kita mesti pandai bersyukur, belajar, dan berdoa. Semoga 4 kunci membangun karakter ini bisa bermanfaat dan mengubah hidupmu.


Salam Salam!