Selasa, Maret 13, 2018

Senyumin Langit

Pada bulan Ramadhan 1439 Hijriah sekolah relawan (SR) memiliki Program Ramadhan dengan tema "senyumin langit". Kenapa senyumin langit? ini merupakan cara dan harapan kita menjadi seorang relawan untuk membantu dan menebarkan manfaat kepada sesama sehingga mampu menciptakan senyum untuk mengetuk pintu langit. Dengan begitu para malaikat akan segera turun ke bumi ikut membantu, memberikan semangat dan mendoakan kita dalam kebaikan.

Di awal tahun 2018 gue mengikuti orientasi relawan di markas Sekolah Relawan. Kemudian pada hari ini, Sabtu (10/3/2018) gue mengikuti orientasi relawan ramadhan yang diselenggarakan di basecamp Komunitas Ciliwung Depok (KCD).
Kami diberikan materi kerelawanan secara umum dan pengenalan program ramadhan lewat Focus Group Discussion (FGD). Berikut adalah program-program relawan ramadhan: senyumin langit.

1. Belanja Bareng Yatim dan Dhuafa
Program ini mengajak anak-anak prasejahtera untuk belanja membelikan barang-barang yang mereka butuhkan dan inginkan dalam menyambut lebaran sesuai dengan anggaran yang telah disusun.
Program belanja bareng lebaran akan dilaksanakan di 26 kota di Indonesia dengan target penerima mafaat sebanyak 3000 anak. Tujuan dari program ini adalah ingin membahagiakan anak yatim dan dhuafa, mengajarkan kemandirian, dan melatih pengelolaan keuangan sederhana. 
Belanja bareng yatim dan dhuafa akan dilaksanakan di pusat pembelanjaan di masing-masing kota. Dengan program ini kami berharap anak-anak prasejahtera bisa merasakan kebahagiaan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

2. Hadiah Ramadhan Rohingya
Program yang memenuhi kebutuhan sandang dan pangan demi menyambut Ramadhan untuk keluarga yang mengalami krisis kemanusiaan di Rohingya, Myanmar. Target penerima manfaat sebanyak 250 Jiwa.
  
3. Hadiah Lebaran Rohingya
Hampir sama dengan program hadiah ramadhan rohingya, yaitu membeli kebutuhan yang diperlukan bagi keluarga Rohingya. Namun, Hadiah Lebaran Rohingya adalah program menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan target penerima manfaat sebanyak 1000 Jiwa.
Bagi relawan yang ingin bergabung dalam program Hadiah ramadhan dan hadiah lebaran Rohingya harus memenuhi beberapa persyaratan, yakni: Sehat, pandai berbahasa asing (internasional) dan memiliki keperluan ke luar negeri seperti paspor.

4. Sedekah Lawan Rentenir (SLR)
Social experiment video:
Seperti video di atas, program ini memberikan sedekah bagi mereka yang terjerat hutang rentenir dengan membayar hutang sekaligus memberikan hadiah kepada penerima manfaat. Pemilihan target dilakukan dengan terjun ke lapangan. Memasuki berbagai tempat pelosok dibantu  bersama komunitas lain yang bergerak di bidang yang sama. Kemudian relawan datang sebagai orang biasa untuk ngobrol santai dan tidak menjanjikan apapun kepada calon penerima. Di bulan ramadhan ini sekolah relawan menargetkan 50 orang penerima sedekah lawan rentenir.

5. Kampung Dugdug

Program kampung dugdug dilaksanakan dengan mendatangi 75 kampung Dhuafa selama Ramadhan untuk mengajak masyarakat mempersiapkan makanan berbuka dan dilanjutkan dengan acara buka bersama. Target penerima manfaat total sebanyak 7500 Jiwa yang dilaksanakan di 18 kota di Indonesia. Dalam sehari para relawan akan mendatangi 3 kampung . Tidak hanya sekedar memberikan santapan berbuka puasa, namun para relawan juga ikut berinteraksi dengan warga kampung sesuai tujuan dari program ini yaitu memberi pengalaman suasana buka bersama bagi masyarakat kampung dhuafa serta mempererat tali silaturahmi antar warga di kampung tersebut.

6. Free Food Car

Free food car adalah program pelayanan makan prasmanan gratis kepada fakir, miskin, yatim, dan dhuafa yang tersedia dalam mobil. Makanan yang diberikan berupa nasi dan lauk pauk, sayur, buah, serta air minum. Program FFC miliki target 7500 jiwa berlokasi di 9 kota terpilih di Indonesia. Sistem pelayanan FFC diutamakan untuk makan di tempat. Selain memuliakan penerima manfaat dan menciptakan kebersamaan, para donatur pun bisa berinteraksi langsung bersama penerima manfaat.

Tujuan program FFC yaitu memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk merasakan makanan yang layak, membantu masyarakat agar bisa menyimpan sebagian hasil dari kerjanya, dan memberikan kesempatan kepada dermawan agar bisa berbagi dengan sasaran target yang tepat.  

7. Food Box
Food box adalah cara indah berbagi dalam sepi. Kok bisa? Program ini mempermudah orang lain yang ingin berbagi. Apabila memiliki makanan atau minuman, siapapun bisa menaruhnya di showcase terdekat yang tersebar di 9 kota di Indonesia. Program ini menyediakan makanan dan minuman siap santap dalam showcase yang tersedia di masjid. Kenapa masjid? Untuk menciptakan sinergi bagi orang-orang yang singgah di Masjid. Namun khusus di bulan suci ramadhan ini, Food Box akan tersedia di titik-titik keramaian dengan target 36.000 Jiwa di 11 kota, termasuk Magelang, dan Blora.

8. Kado Sambut Ramadhan 
Program ini ingin berbagi kebutuhan pangan dalam menyambut bulan Ramadhan bagi keluarga yang membutuhkan. Kado tersebut berupa kebutuhan pangan yang diperlukan untuk sahur dan berbuka puasa. Kado sambut Ramadhan akan memberikan 2000 paket untuk 2000 keluarga di 24 kota di Indonesia yang akan dilaksanakan 14 hari sebelum menjelang Ramadhan.

9. Kado Sambut Lebaran
Sama seperti program KSR bedanya, Kado Sambut Lebaran (KSL) berbagi kebutuhan berupa  sandang dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri kepada keluarga yang membutuhkan. Tujuan dari program ini adalah membantu keluarga yang membutuhkan untuk memiliki kebutuhan sandang. selain itu, agar masyarakat kurang mampu bisa merasakan pakaian baru di Hari Raya Idul Fitri. Target penerima manfaat KSL sebanyak 1000 keluarga di 24 kota di Indonesia.

Kira-kira seperti itulah Program-program Ramadhan: senyumin langit. Sebenarnya ada beberapa program yang tidak disebutkan disini karena kami tidak mendapatkan informasi lebih saat Focus Group Disscusion yaitu: program Sumur Ustman dan program Naik Pangkat.  Sementara ini jumlah relawan ramadhan yang terdaftar sebanyak 897 relawan. Untuk kalian yang ingin mengejar kebaikan lebih banyak di bulan suci Ramadhan, yuk silahkan bergabung dengan kami. 
Mari share informasi ini dan ajak juga teman kalian baik Muslim atau Nonmuslim untuk bersama-sama kita bersinergi secara positif untuk Indonesia!




source image: www.sekolahrelawan.com