Selasa, Juli 14, 2015

5 Tips Asik Mudik Naik Kereta Api



Selamat menunaikan ibadah puasa untuk saudara muslim di seluruh dunia. Selamat menikmati. Sekarang adalah hari ke dua puluh tujuh (27) gue menunaikan ibadah puasa dan mungkin sebagian dari kalian juga. Harum segar kemenangan didepan mata mulai menghilangkan konsentrasi. Hati-hati, tetaplah fokus.



Hiruk pikuk orang orang mulai membicarakan kapan jatuhnya  hari besar idul fitri, dari mulut ke mulut. Juga rencana indah untuk sebuah hari kemenangan itu. Planning setiap keluarga biasanya sama, yaitu berlibur. Entah berlibur ke tempat rekreasi, ke kampung halaman atau berkunjung ke tempat saudara. 
Rasa teramat rindu tak bisa menanahan diri untuk tidak pergi ke kampung halaman bagi sebagian orang.  Maka pilihan jatuh kepada nomor dua, yakni: ke kampung halaman. Maka pada kesempatan ini gue akan memberikan tips mudik lebaran via kereta api, iya.. khusus kereta api. 

Photo by Kiranganhimir
Langsung aja, here we go:

1. Persiapan tubuh

Hal pertama yang harus kalian perhatikan sebelum beranjak dari tempat tinggal untuk pergi kemana pun tentu saja hal kesehatan. Tubuh fit sangat mendukung keselamat dalam perjalanan. Ada mufrodat berbunyi seperti ini: Didalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. 

Jangan mengambil tindakan memaksa khususnya nih para jomlo untuk berpergian sendiri dalam kondisi low (galau). Sedangkan untuk keluarga yang ingin berpergian pastikan semua anggota keluarga sehat bugar untuk menghindari bad moment ketika pergi menggunakanjasa  kereta, Ini juga akan berpengaruh pada tips berikutnya.


2. Tujuan

Ketika semua anggota keluarga sudah melakukan cross ceck kesehatan. Maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memikirkan tujuan. Kemana kamu akan pergi, bertemu siapa, akan melakukan apa. Minimal rencana liburan harus sudah dibayangkan dalam benak. 



Jika sudah pasti memiliki tujuan berlibur saat lebaran. Tunggu apa lagi? pesanlah tiket untuk keluarga! Dalam kasus ini kita akan membeli tiket kereta api karena kita akan menggunakan jasa PT.KAI. 



For information: kini pemesanan tiket kereta api sudah dibuka 90 hari sebelum pemberangkatan, dan tiket bisa dipesan via online. Untuk masa lebaran PT KAI membuat diskon tiket kereta api. Untuk informasi lengkap bisa kunjungi situs resminya.

Kalo gue biasanya beli di indomart dan langsung di-print out, nggak antri dan hemat energi. Tapi kemarin gue tetap beli di reservasi karena agak mendadak rencana mudiknya.

3. Barang Bawaan
Tips selanjutnya adalah jangan mengambil keputusan untuk rela memikul barang bawaan yang ‘WAH’, Ini bisa berujung fatal. Dulu, pada kasus ini keluarga gue  termasuk sering terkena fatalnya tapi itu dulu lho ya. Kejadiannya saat gue masih kecil, saat itu kami sekeluarga: Ibu, Bapak, Gue,dan  adik sedang dalam perjalanan menuju Yogya naik bus. Didalam bus, tas kami yang berisi pakaian baru untuk acara pernikahan dan juga semua buah tangan kami lenyap oleh orang yang sengaja menukarnya. 

Sebisa mungkin hindari barang bawaan yang banyak. Kecuali kamu ingin anak atau saudara terkecilmu merintih begitu lelah setelah sampai tujuan karena membantu membawa barang yang banyak (dulu gue termasuk korban).

4. Bekal
Gue termasuk orang yang males berbekal. Kalau kamu termasuk orang bertipe kaya gue yang nggak bisa makan besar di tempat umum atau di depan banyak orang. Maka ini solusinya:  gue usahakan untuk bisa siapin uang yang banyak seperti mudik kemarin. Jadi uangnya gue belikan tiga bungkus roti di toko sebelum masuk ke kereta, cukup. 
Sisanya kalau lapar yaa beli makanan di restorasi di dalam kereta. Untuk apa ada layanan yang bagus kalo nggak di nikmati ya kan? #asik. 

5. DOA
Point ini very important. Setelah semua hal sudah terencana dengan baik dan matang. Maka hal terakhir yang harus dilakukan adalah berdoa (tawakal). Berdoa sesuai kepercayaan masing-masing dan selamat berlibur untuk semuaaa....

Kalo gue kan udah mudik. Jadi rencana liburan versi keluarga gue nanti: kita sekeluarga ngumpul di Yogja, di rumah Ibu dan Bapak (mbah). Pergi ke kampung halaman orang tua, ketemu saudara di desa, dan pergi ke tempat rekreasi pastinya. Lengkap kan? Yaiyalah hhee

Have a nice day...